Masjid Jami Rembang – Kubah Enamel Murah

Masjid Jami Rembang – Kubah Enamel Murah

Masjid Jami Rembang

Masjid Jami Rembang ini oleh golongan muslimin ditempat dipercaya untuk salah satunya masjid bersejarah yang berada di tanah Jawa. Dibuat pada era ke-18 oleh Bupati Rembang, Pangeran Sedo Laut. Tanah serta pekarangan masjid yang terdapat di Kampung Kauman Rembang ini juga adalah wakaf dari Bupati Sedo Laut itu.

Bila dijelajahi riwayat hidupnya, Pangeran Sedo Laut itu bukan saja diketahui rakyatnya untuk bupati, tetapi sebagai ulama. Karena, di tengahnya aktivitasnya melakukan pekerjaan untuk bupati, dia menyempatkan diri untuk mengaji serta mengajari agama Islam di masjid yang dibuatnya itu tiap selesai shalat asar. Golongan muslimin yang ikuti pengajian juga tetap luber hingga membuat dia benar-benar dekat dengan rakyatnya.

Panggilan Bupati Sedo Laut

Kenapa pendiri Masjid Jami Rembang itu dipanggil untuk Bupati Sedo Laut? Sebab hampir tiap hari, terkecuali bila berhalangan, dia tetap berkujung ke tepi Laut Rembang. Serta kebetulan, kota Rembang sendiri dengan cara geografis termasuk juga wilayah pantura (pantai utara) Laut Jawa. Sedang, motivasi Pangeran Sedo Laut ke pantai itu ialah dalam rencana mandi serta melakukan shalat tahajud disana.

Selain itu, pada saat-saat spesifik, bupati yang suka lakukan plesir di tepi laut itu sering membuat pertemuan dengan Nabi Khidir. Wallohu a’lam.

Sebab demikian gemarnya plesir serta mandi di laut, pendiri Masjid Jami Rembang itu juga menjumpai ajalnya di laut. Ceritanya, seperti umumnya bupati yang suka shalat tahajud di pinggir laut ini sedianya akan pulang ke Ndalem Kadipaten bila waktu shalat subuh sudah datang.

Tetapi, pada subuh 27 Rabi’ul Awal itu si bupati tidak segera pulang sampai pagi serta siang harinya. Pada akhirnya, oleh Punggawa Ndalem dengan dibantu warga ditempat membuat penelusuran. Sesudah ditemukan, Pangeran Sedo Laut didapati telah pada kondisi tidak bernyawa lagi alias telah meninggal dunia. Diprediksikan dia mati terbenam saat mandi di laut.

Bupati yang sudah banyak berjasa, terutamanya pada umat Islam Rembang ini, oleh warga ditempat serta keluarganya selanjutnya disemayamkan di Kompleks Masjid Jami Rembang, persisnya di belakang pengimaman masjid.

Content Protector Developer FantasticPlugins.com